Senin, 16 Juli 2012

Eloknya Rowo Jombor Klaten



Rowo Jombor merupakan salah satu obyek wisata di daerah Klaten Klaten tepatnya di Desa Krakitan, Bayat, Klaten. Biasanya di tempat ini banyak diminati oleh para remaja untuk acara reuni, syukuran ulang tahun, dll. Namun orang tua pun tak mau kalah mereka juga biasa mengadakan acara di Rowo Jombor ini untuk acara arisan keluarga, liburan keluarga. Hari biasa pengunjungnya biasa juga namun jangan tanya kalo hari Minggu. Wuuh.... padatnya bukan main(karena bukan mainan. Hehehehe....). Namun kalo pas Bulan Ramadhan biasanya mulai ramai sekitar jam 17.00WIB. Banyak pengunjung dari Klaten bahkan luar Klaten pun mengadakan acara buka bersama di sini. Makanya jangan tunggu-tunggu ayo buktikan saja. Tidak hanya terkenal dengan rawanya yang indah. Lokasi wisata yang berada sekitar delapan kilometer di tenggara Kota Klaten ini, menawarkan suguhan baru. Pemancingan di atas rawa. Obyek wisata kuliner ini terkenal dengan nama warung apung. Disebut begitu, karena untuk sampai di tempat makan itu, wisatawan harus menyeberang dengan rakit bambu. 

Selain sebagai obyek wisata, Rawa Jombor dipakai pula untuk irigasi. Rawa ber kedalaman 4,5 meter ini, mampu menampung air hingga 4 juta meter kubik. Luas kawasannya mencapai 198 hektare. So, u sai menikmati masakan ikan air tawar di wa rung apung, wisatawan dapat mencoba menyusuri rawa dengan perahu motor.

Cukup hanya dengan mengantongi uang Rp5.000, anda bisa berkeliling rawa jombor ini sepuasnya. Rowo Jombor ini panjang tepiannya mencapai total 7,5 kilometer. Obyek Wisata Rawa Jombor tidak hanya memiiki warung apung dan rawa saja. Di satu komplek wisata itu, masih ada obyek lain yang berdekatan. Tentu, bisa di kunjungi dalam satu kesempatan karena tidak butuh waktu lama mencapai obyek tersebut. Obyek itu diantaranya Sendang Bulus Jimbung. Kurakura (bulus) yang hidup di sendang di percaya oleh orang-orang tertentu dapat membawa berkah.(ceritanya lo)
  


Setelah sampai di Rowo Jombor pasti merasa lelah dan capai ya? jangan kawatir di sini pun ada warung namanya warung apung. Menunya macam-macam. Ada nila, bawal, lele, gurameh, dll. Tinggal order aja dibakar atau digoreng. Nah sambil menunggu masakannya di masak kita bisa menikmati mainan di sana misalnya, bermain perahu bebek. Satu perahu bebek bisa diisi dua orang.

Rowo jombor menyajikan pemandangan rowo yang indah sambil makan masakan berbagai jenis ikan tawar, ikan goreng maupun ikan bakar, mancing juga bisa bagi yang hobi mancing.
Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, membuat pemilik warung ditantang kreatifitasnya untuk meningkatnya pengujung, misalnya pada hari tertentu salah satu pemilik warung memberikan hiburan organ tunggal secara gratis.
Obyek wisata rowo Jombor Pada hari minggu maupun hari libur nasional dipastikan banyak pengunjung, baik dari dalam kota maupun kota sekitarnya seperti solo,boyolali, sragen, yogya bahkan dari jakarta,
Keberadaan warung apung Rowo Jombor mampu meningkatkan ekonomi warga, banyak warga yang mempunyai pekerjaan berkat keberadaan warung apung Rowo Jombor ini, banyak pula warga yang membuka usaha-usaha di area kawasan tersebut.
Melihat potensi Rowo Jombor yang potensial membuat pemerintah daerah klaten berpartisipasi dalam memajukan obyek ini ,
Di sini pun juga ada loko peninggalan jaman dulu seperti tampak pada foto di atas. Bentuk dan warnanya klasik. Bagus buat foto-foto.




 Seharian di Warung apung kayaknya gak terasa sudah sore. Tapi jangan lewatkan menikmati indahnya sunset di Rowo Jombor ini. Refleksi matahari sore yang kekuningan di air rowo sungguh sangat elok n menyenangkan. Biasanya para nelayan juga berlayar pulang.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar