Senin, 23 Juli 2012

Melirik Pembuatan Lurik Pedan Klaten


Mayarakat Klaten memiliki kain khas daerah yaitu kain Lurik Pedan yang keberadaannya hampir menghilang. Upaya pelestarian dari Pemerintah Kabupaten Klaten dengan cara mengeluarkan kebijakan tentang uji coba penggunaan pakaian Dinas tenun tradisional atau batik khas daerah yaitu kain Lurik Pedan, lalu apa yang melatarbelakangi kain Lurik Pedan itu digunakan sebagai pakaian dinas oleh Pemerintah Kabupaten Klaten. Industri kain Lurik Pedan di Klaten lebih berkembang di luar daerah Pedan, yaitu di daerah Trucuk, Cawas, dan Bayat. Industri kain Lurik Pedan yang tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten Klaten ini tidak hanya satu industri saja namun terbagi dalam kelompok-kelompok pengrajin kain Lurik Pedan

Kain Lurik Pedan dibuat dari benang katun pilihan yang ditenun secara cermat dan teliti oleh para pengerajin di desa Pedan, Klaten dengan menggunakan alat tenun tradisional. Proses pewarnaan dimulai dari benang, sehingga warna kain depan dan belakang adalah sama. Corak tenun membentuk garis vertikal memanjang dengan kombinasi warna yang sangat variatif. Cocok untuk bahan pakaian kantor, kondangan, busana pria dan wanita, sarung bantal kursi dan aplikasi lainnya.

Setelah beberapa masa terpuruk, kini lurik mulai menggeliat. Program Lurikisasi yang diusung Pemkab Klaten dengan mengeluarkan kebijakan agar karyawan Pemkab Klaten mengenakan lurik Pedan sebagai seragam pada hari Kamis tentu saja bukan hanya bisa mengangkat kembali nama lurik, tapi juga potensi ekonomi lokal.
Kain Lurik Pedan dibuat dengan menggunakan bahan benang katun yang ditenun dengan alat tenun tradisional (ATBM). Sedangkan untuk proses pewarnaan dimulai dari benangnya, sehingga setelah benang ditenun sempurna maka warna kain depan dan belakang adalah sama. Corak-corak dari lurik sendiri cenderung vertikal memanjang. Namun corak tersebut tidak hanya monoton begitu saja. Akhir-akhir ini banyak desain-desain menarik yang coba dikembangkan oleh para pengrajin dengan desain motif yang tidak selalu berbentuk vertikal lurus dan memanjang namunada aplikasi-aplikasi lain yang membuat kain lurik ini kian menarik.

Ketika kami melakukan kunjungan kemarin cuaca sangatlah tidak mendukung karena disamping hujan juga waktu sudah terlalu sore jadi para pekerja sudah pulang hanya tersisa dua orang. Apa boleh buat kami ambil gambar seadanya. Mungkin suatu saat kalau ada waktu anda bisa langsung ke TKP lebih menyenangkan karena kita bisa melihat para pekerja yang kebanyakan mbokde-mbokde yang sedang menganyam lurik dengan penuh ketulusan dan kesabaran.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar