Kamis, 26 Juli 2012

Hari Jadi Klaten ke 208 Tahun 2012

 

Acara peringatan HUT Klaten yang ke 208 yang jatuh pada Bulan Juli 2012 diisi dengan berbagai kegiatan. Pemerintah Kabupaten Klaten menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya pentas gelar budaya, wayang kulit 101 dalang, dzikir dan sholawat, Klaten UMKN EXPO 2012 di Masjid Raya Klaten, dan masih banyak kegiatan lainnya.Kegiatan tersebut disambut meriah oleh warga Klaten dan sekitarnya. 
Kegiatan pentas wayang kulit 101 dalang diselenggarakan di sepanjang jalan pemuda mulai dari GOR Gelar sena sampai depan Pemda. Tempatnya di setiap perempatan di jalan pemuda. Ketika saya hunting foto kemarin, dari berbagai tempat kemarin yang paling ramai dan gayeng di depan BRI pusat karena dalangnya Tomo Pandoyo. Tapi akhirnya jam 02.00WIB mata ini dah gak bisa diajak kompromi lagi dan akhirnya saya pulang juga. Hehehe.....
Paginya bersamaan dengan CFD diadakan pentas budaya sepanjang jalan pemuda tapi sayang beribu sayang saya kesiangan datangnya. Makhlum habis begadang. 


Wayang kulit juga diadakan dengan dalang Ki Anom Suroto di Alun-alun Klaten. Wah ramainya luar biasa sampai saya mau ambil gambar aja nunggu sampai jam duaan karena banyaknya penonton. Hampir semua kalangan baik anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan datang berduyun-duyun menyaksikan wayang kulit ini. Mereka rela tidur di lapangan sambil menyaksikan wayang kulit ini.


Kegiatan lainnya yaitu tari gambyong yang melipatkan 20.000 penari. Tari Gambyong yang berdurasi 17 menit dan Tari Kuda Lumping berdurasi 15 menit. 
Kegiatan reog pun juga diadakan pada sore harinya jam 15.00WIB tapi kemarin jadwalnya maju tapi saya terlambat datang dan hanya kebagian sebentar. Reog kemarin diikuti oleh 75 group reog. Bahkan diringi juga penari-penari yang cantik-cantik lo.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar